Wednesday 16 August 2017

Resep Cara Membuat Jadah Manten Asli Yogyakarta Enak

Resep Cara Membuat Jadah Manten Asli Yogyakarta Enak. Jadah manten yakni jenis makanan yang disajikan dengan saus yang dinamakan areh dan bentuk makanannya ibarat lumpia (ada kulit dan isinya)

Selanjutnya bagaimana cara membuat cara membuat jadah manten asli yogyakarta enak dengan gampang + materi mudah didapatkan serta mampu dipraktekkan sendiri di rumah mari kita simak terlebih dahulu resep jadah manten sederhana ekonomis , dan di bawah ini kami sajikan resep kuliner secara lengkap , silahkan di simak lalu dicoba. Semoga bermanfaat dan selamat memasak , Bunda pasti bisa.. Cara masaknya gampang kok!

BAHAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT JADAH MANTEN SENDIRI: 

500 gram beras ketan (rendamlah semalaman sebelum diproses)
400 ml santan hasil parutan 1 butir kelapa
1 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Bilah bambu (dibelah tipis melebar) untuk menjepit jadah
Tangkai daun pepaya

Bahan isian :
300 gram daging sapi cincang (bisa diganti sesuai selera)
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai , digeprak/dimemarkan
200 ml santan
1 sendok makan minyak goreng

Bahan bumbu yang dihaluskan :
1/2 sendok teh ketumbar disangrai
1/2 sendok teh merica
1/4 buah pala
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sendok teh garam
1 sendok makan gula merah disisir
1/4 sendok teh kaldu instant

Bahan dadaran :
4 butir telur
2 sendok makan tepung terigu
10 sendok makan air
1/2 sendok teh garam

Bahan areh :
150 ml santan kental
1/2 sendok teh garam

Resep Cara Membuat Jadah Manten Asli Yogyakarta Enak

Resep Cara Membuat Jadah Manten Asli Yogyakarta Enak cara membuat jadah manten jogja cara bikin jadah manten mbak ayu resep jadah manten yogyakarta resep jadah manten bu ayu enak resep jadah manten di jakarta resep jadah manten sederhana cara membuat kudapan manis jadah manten cara membuat makanan jadah manten

Cara Membuat Jadah Manten Asli Yogyakarta :

Tumislah bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkanlah daun salam , serai , daun jeruk masaklah sampai beraroma harum. Masukkanlah daging cincang dan santan , lanjutkan memasak sampai kering lalu angkat dan sisihkan.

Campurkan semua materi dadar , aduk-aduk sampai rata. Buatlah dadar tipis-tipis lalu sisihkan. Campurkan semua materi areh , didihkan sampai mengental dan sisihkan.

Kukuslah beras ketan bersama dengan daun pandan sampai setengah matang sambil di aroni. Selanjutnya angkat lalu tuangkan kedalam wajan. Tambahkan garam serta santan masaklah lagi dengan menggunakan api kecil sampai santan habis. Kukuslah kembali sampai matang.

Tuangkan ketan yang masih panas kedala loyang yang telah disiapkan , ratakan sampai tebalnya kira-kira 1 cm. Taburi dengan materi isian diatasnya , dan ratakan. Tutup kemali dengan ketan diatasnya lalu padatkan. Potong-potong lapisan terseut dengan ukuran 3x4cm. Bungkuslah setiap pecahan ketan dengan menggunakan selembar dadar telur.

Jepitlah ketan dengan menggunakan bambu yang dibuat tipis dan lebar , kunci ujung jepit dengan menggunakan tangkau daun pepaya. Bagian terakhir pangganglah pecahan ketan diatas bara api sambil olesi dengan areh sampai matang. Dan segera sajikan selagi hangat.

TIPS MEMASAK : 
Resep kuliner paling enak untuk resep cara membuat jadah manten asli yogyakarta enak ini yakni resep jadah manten sederhana ekonomis dari resep kuliner Indonesia yang sudah dipraktekkan dan dibuktikan lezatnya. cara membuat jadah manten jogja enak tahan lama yang ditampilkan disini bersumber dari sumber terpercaya dan telah diuji coba sehingga jadilah cara bikin jadah manten mbak ayu ini.

Setelah melihat resep cara membuat jadah manten diatas , gampang kan bunda cara membuat hidangan ini? Kami yakin bunda dapat dengan mudah mempraktekkan resep kuliner yang satu ini di rumah sendiri dan menerima hasil yang tepat asalkan bunda mengikuti langkah demi langkah cara membuat jadah manten jogja enak tahan lama yang kami tuliskan dengan benar. Selamat memasak dan agar berhasil bunda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Jadah Manten Asli Yogyakarta Enak

0 comments:

Post a Comment