Saturday 29 July 2017

Kumpulan Resep Membuat Es Mambo Aneka Rasa

Kumpulan Resep Membuat Es Mambo Aneka Rasa. Cara membuat es mambo aneka rasa buah ada disini.


Es mambo yaitu jenis es yang dibuat dari aneka macam buah segar maupun dari buah yang dirujak atau mampu juga dari materi kacang ijo.


Es mambo ini dibungkus dengan bungkus es dengan diameter kecil tapi bentuknya memanjang (bisa dilihat pada gambar di bawah ini). Jika es mambo dicetak di dalam cetakan es lilin maka jadilah es lilin dengan rasa yang sama.

Bunda dapat memilih beberapa jenis dan rasa es mambo yang bervarisasi. Es mambo merupakan produk olahan beku. Bahan dasar es mambo mampu menggunakan susu , mampu juga sari buah atau materi lain sesuai selera.

Es Mambo banyak varian rasanya dengan aneka macam materi berbeda. Silahkan bunda klik aneka resep es mambo rasa lainnya di bawah ini.
  1. cara membuat es mambo yoghurt
  2. cara membuat es mambo rujak
  3. cara membuat es mambo coklat yang lembut
  4. cara membuat es mambo kacang ijo
  5. cara membuat es mambo tape singkong
  6. cara membuat es mambo mangga
  7. cara membuat es mambo ketan hitam
  8. cara membuat es mambo sirsak

Silahkan dipilih sesuai selera bunda dan keluarga koleksi resep es kesukaan belum dewasa lainnya :





Bahan-bahan berupa apa saja yang membuat es mambo supaya menjadi lebih lembut/creamy ketika digigit? Keras atau tidaknya es mambo yang diproduksi tergantung pada beberapa faktor , yaitu:

Kondisi proses pembekuan dan penyimpanan. Es mambo akan memiliki tekstur yang bergairah (keras menyerupai es batu) , kalau proses pembekuan berjalan lambat. Hal ini alasannya yaitu proses pembekuan lambat memicu terbentuknya kristal es berukuran besar didalam es mambo.

Formula. Jika dipastikan bahwa kondisi proses pembekuan tidak bermasalah , maka formula es mambo yang digunakan perlu dilihat kembali. Es mambo akan menjadi bergairah (keras , menyerupai es batu) kalau jumlah air terlalu banyak , dan kurang mengandung skim (padatan susu non lemak). Tapi kalau jumlah skim yang ditambahkan terlalu besar maka tekstur es mambonya terasa menyerupai berpasir 

Bahan pelengkap pangan yang mampu digunakan untuk memperbaiki tekstur es mambo yaitu stabilizer dan emulsifier. Stabilizer berfungsi untuk meningkatkan ‘creaminess’ produk dan meminimalkan pengaruh variasi suhu selama penyimpanan sementara emulsifier akan membentuk tekstur es yang halus dan kering.

Es mambo yang creamy dapat bertahan berapa lama? Bagaimana cara semoga membuatnya tahan lama?
Umur simpannya sama dengan es mambo umumnya. Yang penting , kondisi suhu freezer kawasan menyimpannya harus dijaga tetap stabil untuk mencegah proses pencairan dan pembekuan es mambo secara berulang.

Bagaimana dengan tehnik pembuatan es mambo supaya lebih creamy , apakah tetap sama? Disamping saran diatas , teknik proses juga dapat diperbaiki untuk memperoleh tekstur yang lebih creamy. Jika memungkinkan , setelah dipasteurisasi adonan es mambo diblender selama beberapa menit. Tujuannya untuk menghomogenkan adonan dan menambahkan sejumlah udara kedalam adonan. Keberadaan udara didalam adonan akan membantu membentuk tekstur yang lembut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Resep Membuat Es Mambo Aneka Rasa

0 comments:

Post a Comment